Senin, 13 Desember 2010

Berusaha Bangkit Kembali

Melihat teman-teman sibuk revisi proposal, ngerjain skripsi bahkan ngedaftar ikut wisuda, perlahan-lahan membenturkan kepala saya pada satu pertanyaan: "Kapan tamat kuliah?".

Bukannya keinginan saya untuk menunda-nunda, tapi memang terjadi berbagai hal yang menghambat jalan menuju kesana. Misalnya, diajaknya saya ke salah satu penelitian yang diadakan dosen saya. Berarti saya pindah jalur kelulusan karena penelitian saya berada di jalur yang berbeda. Permasalahannya, saya harus mengambil mata kuliah prasyarat proposal penelitian yang sesuai dengan jalur tersebut, padahal saya sudah mengambil mata kuliah untuk jalur semula. Permasalahan lain, saya tidak bisa mengambil mata kuliah itu di semester ini (semester 7) karena mahasiswa PPL (magang) tidak diperbolehkan mengambil mata kuliah. Memang, ada beberapa mahasiswa yang "pandai-pandai", tapi saya tidak mendapat kesempatan itu dan dosen yang mengajar mata kuliah itu sangat ketat.

Hari ini, saya masih berusaha mengejar tugas-tugas yang harus dikerjakan. Proposal penelitian, makalah seminar mata kuliah, tugas PPL, dll. Target saya, Oktober 2011 lulus kuliah. Dan mungkin, saya akan melanjutkannya lagi.


Oh ya, kenalkan anggota baru keluarga saya:





Acer 4738-Z, Intel Pentium Dual Core P6100 2.0 GHz, 1 GB DDR3, 320 GB HDD, 14,1".
Belum dikasi nama, ada ide?

Well, kayaknya isi blog saya hectic semua ya? Janji deh, besok lebih ceria lagi..

Kamis, 18 November 2010

Update!

Halo semua!

Saya minta maaf atas kealpaan saya dalam dunia blog, dan saya benar-benar kesepian di luar sana. Huh. Dan, saya juga minta maaf atas "kepindahan" saya ke WordPress yang juga tidak berjalan dengan baik sampai akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke sini. Yay!

Well, apa saja yang telah terjadi?

1. Kuliah Kerja Nyata

Semua mahasiswa tingkat akhir akan mengalami fase hidup yang bernama Kuliah Kerja Nyata atau Kukerta atau KKN. Saya sendiri mengalami masa-masa itu, yang tidak terlalu buruk walaupun juga tidak indah. Kelompok saya ditempatkan di sebuah desa yang baru dimekarkan, namanya Desa Pesaguan, di Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan (masih Provinsi Riau).

 Seperti yang semua orang sudah tahu, KKN adalah ajang dimana para mahasiswa mendapatkan "kesempatan terakhir" mencari jodoh. Ya, saya tidak bohong, buktinya ada beberapa teman saya yang datang KKN dengan niat cari pacar, bukan mengabdi pada masyarakat. Well, di antara mereka ada yang beruntung dan ada yang tidak (pulang tetap dalam keadaan jomblo sisa ekspor), yang jelas saya tidak ikutan. Bukan karena sok idealis mau fokus KKN, tapi karena udah ada yang "jagain". Hehehehe.

Kami beruntung, desa kami dilalui oleh jalan akses utama, yaitu Jalan Lintas Timur Sumatera, yang tepat di depan posko. Berbeda dengan teman-teman lain yang tinggal di desa eks-transmigrasi (terletak beberapa kilometer di dalam hutan kelapa sawit), kami mudah bepergian kemana-mana, termasuk pulang ke Pekanbaru karena mobil-mobil minibus AKDP tiap beberapa menit melintas di depan posko. Jarak desa pun tidak terlalu jauh dengan Pekanbaru (sekitar 3 jam), maka KKN kemarin tidak terlalu berat untuk saya.


 Foto Bersama Perangkat Desa dan Kepala-kepala Dusun dan Ketua-Ketua RT/RW




Malam Terakhir di Posko KKN




 Saat si Ketua kecapean (abis maen bola), ada Batman nyasar (saya) jadi tukang pijit.



Kenapa, terharu ya melihat kondisi posko kami yang seperti itu? Memang begitulah yang namanya KKN. Terbukti kalau hidup bisa juga tidak adil. Apalagi ada kelompok lain yang poskonya rumah warga 2 tingkat, bagus lagi. Rasa irinya bikin pengen ngais tanah.

Di balik semua itu, KKN sangat menyenangkan. Bertemu teman-teman baru dari berbagai fakultas yang sebelumnya gak pernah ketemu sama sekali lalu tiba-tiba tinggal seatap. Gak 100% harmonis juga, namanya juga beda kepala beda pemikiran, ya pasti ada juga gak cocoknya. Anyway 2 bulan di sana tetap bikin kami sedih dan nangis pas hari pelepasan, sedih mesti pisah sama kenangan di sana, pisah sama Pak RW yang udah nyediain posko tanpa bayar (tidak seperti kelompok lain yang bayar perbulan), dan lain-lain.

Tapi, kami semua masih tetap bersahabat walaupun (sayangnya) komunikasi udah sangat kurang, karena udah sibuk masing-masing.

2. Tanoto Foundation Scholar Gathering

Tanoto Foundation, suatu organisasi nirlaba di bawah naungan RGE (Royal Golden Eagle) milik Sukanto Tanoto yang memberikan bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, salah satu programnya adalah beasiswa untuk 6 Perguruan Tinggi Mitra, dimana (dengan seleksi sangat ketat) saya beruntung bisa memperolehnya.

Akhir Juli 2010 (di tengah-tengah kegiatan KKN) saya "kabur" untuk mengikuti acara "Tanoto Foundation Scholar Gathering" yang diadakan di Santa Monica Resort, Bogor. Asyik, bisa ketemu semua teman-teman dan alumni TF Scholar dari seluruh Indonesia, camping di alam terbuka, dll..





Sebelum kepergian rombongan TFS dari Universitas Riau, Bandara Sultan Syarif Qasim II.




   Baru sampai di lokasi, makan siang..





 Bahkan saya dapat numpang foto bareng Belinda Tanoto! (Putri ketiga Pak Sukanto)








Beberapa foto bareng anak-anak Riau.



 Salah satu games yang kami mainkan: Flying Ball (susah mampus).


Here we are! Kelompok 12 alias "the Selusins":
(kiri-kanan) Ruhiyat (IPB), Rafiqa (IPB), Yeni (USU), Eva (UGM) terus yang tengah sori banget Mbak lupa namanya hehehe, dari UI kalo ga salah, terus Valent (UI), Alvin (UI), dan saya.


Foto keluarga TFS Unri keluarga Tanoto (Ibu Tinah, Pak Sukanto dan Belinda) serta Petinggi TF dan RGE.





 anak-anak Riau + Mbak Vika (duduk paling bawah, tengah, jaket merah) yang akan "mengomeli" mahasiswa yang nilainya jeblok (seperti yang sudah saya alami)


dan kami TFS Unri bahkan sempat mengadakan buka bersama di sebuah restoran yang sangat homie sekali.



Bagi yang ingin melihat foto-foto acara TF Scholar Gathering, lihat aja di sini.


3. OSN-PTI 2010

Untuk kedua kalinya, saya ikut ajang yang diadakan Pertamina ini dan untuk kedua kalinya pula saya menjadi juara 1 Provinsi Riau dan ikut tingkat nasional. Tahun lalu saya terhenti di babak perempat final (33 besar nasional), tahun ini dengan membawa semangat Pancasila (lho?) saya bertekad untuk menembus Grand Final (3 besar nasional)!


Penyerahan hadiah Juara Provinsi Riau Bidang Kimia OSN-PTI 2010


Profil saya dan Alfianri (Juara bidang Fisika) di Koran Tribun Pekanbaru



Kali ini Finalis ditempatkan di tempat yang jauh lebih asik daripada tahun kemarin, yaitu di Pertamina Simprig Residence, masih dalam lingkungan Pertamina Learning Center Simprug. Karena kurang persiapan, lagi-lagi saya terhenti di babak Perempat Final karena gagal menembus 9 besar yang akan berlaga di Semifinal. Ya sudahlah, yang penting saya dapat hadiah provinsi yang tidak sedkit. Hehehe.
Dan seperti biasa saat saya berkumpul dimanapun: maen UNO!












Finalis Bidang Kimia di Penutupan OSN-PTI 2010, Gedung Pusat Pertamina, Jakarta.

Pemenangnya juga di-post di website resmi OSN-PTI 2010.


4. Sekarang:

Calon Guru!

Yah, karena saya kuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, mau tidak mau saya harus menjalani PPL (Program Pengalaman Lapangan), sama seperti magang di jurusan lain.

Entah kena angin apa, saya ditempatkan di SMP Setia Dharma, sekolah yang kata orang anaknya bandel-bandel. Well, stelah saya di sana siswanya gak terlalu bandel sih, yang jadi masalah hanya saya kebagian ngajar Fisika (karena materi Kimia hampir tidak ada di SMP), padahal kan saya kuliah di Jurusan Kimia. Hyaaa kalang kabut jadinya.

Di sinilah saya, mati perlahan-lahan karena tugas yang bertumpuk dan tuntutan Proposal Penelitian yang selalu meneror (sekaligus ancaman "telat lulus").

Bagaimana saya mengajar??
Well, lain kali akan saya share.


Dan, saya senang bisa kembali ke dunia blog!

Kamis, 10 Juni 2010

Mungkin Saya Tidak Berjodoh

Berkali-kali saya mencoba, tapi ternyata tetap saja berhenti. Saya selalu memperbaharui perasaan saya. Tapi tetap saja seperti ini. Mungkin saya memang tidak berjodoh...

... dengan blogspot (blogger).

(pasti kecewa dengan kalimat barusan..)

Dulu saya pernah punya blog di blogspot setelah pindah dari WordPress. Tidak berapa lama saya balik lagi ke blog lama lalu ke blog free hosted. Setelah blog tersebut rusak (karena host gratisan) saya pun mencoba memperbarui perasaan sana terhadap blogspot dengan membuat blog ini. Ternyata masih belum berubah.

Saya tetap belum menyatu dengannya.

Karena itu lah, saya mencoba bangkit kembali ke dunia blog. Karena blog pertama saya di wordpress telah saya hapus, saya kan memulai lembaran baru di blog baru. GreatQo's Page. Saya tahu fasilitas blogspot
cukup baik dan saya tahu keterbatasan WordPress. Tetapi entah kenapa setiap saya login dan melihat dashboard blogspot, saya merasa asing. Sedangkan WordPress, walaupun telah mengalami kemajuan pesat dan terus menerus berubah, saya merasa berada di rumah.

Untuk kebaikan dan eksistensi saya di blogosphere, saya mengundurkan diri dari blogspot dan kembali di bawah WordPress.

Catch me if you can!

Kamis, 03 Juni 2010

Just trying this.

Senin, 01 Maret 2010

Saya Masih Seorang Blogger

Saya masih seorang blogger.
Walaupun postingan saya keliatan sebulan sekali (bahkan Februari sama sekali gak posting).

Kenapa lama gak posting?
Karena akhir 2009-awal 2010 diwarnai dengan ujian dan liburan yang melelahkan. Awal semester pun langsung terasa berat.

Ujian Akhir Semester berlangsung mengenaskan. Pernah suatu waktu aku ujian hari minggu (yap, minggu!) aku telat masuk ujian (yang jam 1) karena lagi makan siang dikantin sekalian refreshing karena abis ujian jam 8 pagi (keren kan, ujian double hari minggu..mana yang paginya FISIKA modern pula.) yang mana aku ditinggal teman-teman yang takut telat (karena pesananku lama banget datangnya). Apa yang terjadi setelah itu? Aku telat 1 menit dan ternyata ujian belum dimulai karena nunggu saya!! Semprul. Tau gitu makannya pelan-pelan aja.

Nilainya?
Waduh mengenaskan sekali. Hal terburuk yang terjadi adalah saya mendapat 2 biji nilai C (total 3 sks) yang membuat IP semesterku gak mencukupi untuk syarat beasiswa Tanoto Foundation. Maapkan anakmu, Ibunda, kegoblokan ini gaada obatnya.. Denger-denger masih ada masa evaluasi, yaitu masih dikasi kesempatan sampai semester depan.
Oia, walaupun begitu, saya tetap eksis di website itu, ada di sini dan di sini.

Liburan melelahkan karena diisi dengan jalan-jalan gek jelas..Niatnya mau mengarungi kota Pekanbaru, apa boleh buat kota ini bisa dibilang kecil walaupun perkembangannya luar biasa cepat. Jadinya jalan-jalannya cuma sebentar.

Lalu liburan diisi dengan browsing-browsing, sampai aku menemukan lagu-lagu YUI, yang langsung membuat saya jatuh cintaaaaa~~~





 @ Yahoo! Video

Sampai sekarang masih demam YUI nih, dan aku pengen ikutan fanbook project buat Ultah YUI yang ke 23, 26 Maret nanti. Ikut?

Hal lain, baru-baru ini ada Nihon Bunkasai (Festival Budaya Jepang) 2010. Ini sedikit dari acarnya yang tertangkap kamera..
Photobucket


maap yang ini ga sempet di rotate..later ku apdet deh.

Sekarang saya masih sibuk berkutat dengan tugas-tugas, apalagi kuliah microteaching untuk persiapan untuk PPL ke sekolah di semester 7 nanti. Sibuk sekali. Tambah lagi Praktikum ada 3 biji. Yang mau tau praktikum itu ngapain aja kenapa bisa melelahkan, akan kuceritakan nanti.

Postingan kali ini serabutan, harap maklum. Karena aku merasa tidak menjadi seorang blogger lagi beberapa minggu ini. Dengan posting ini, saya buktikan, bahwa saya masih seorang blogger.

Sabtu, 16 Januari 2010

Di Akhir Badai UAS

Awal tahun identik dengan ujian, santai, jalan-jalan, dan hal menyenangkan lainnya. Tapi ada orang-orang yang kurang beruntung di antara warga dunia yang menikmati kenikmatan awal tahun, yaitu mahasiswa.

Mahasiswa, sesuai jadwal Perguruan Tinggi masing-masing, rata-rata mengalami Ujian Akhir Semester di awal Januari 2010. Gw udah ngalamin ujian, gatau sekarang hari keberapa. Berasa sekarat banget sejak akhir 2009 dibantai ujian. Hal ini terjadi karena banyak dosen yang sibuk dan gak bisa ngajar tepat waktu, akibatnya kuliah kejar tayang dan numpuk di akhir 2009 karena Fakultas mengharuskan nilai keluar akhir Januari.

Keadaan diperparah dengan UTS yang diadakan dekat dengan UAS! Makanya gw dan teman-teman sekelas abis-abisan. Tadi pagi gw ujian Praktikum Kimia Anorganik. Ada satu soal yang mengharuskan menganalisis senyawa kristal garam dengan uji nyala unsur (pake spiritus). Eksperimen ini sebenanrnya sepele, tapi karena sejak SMA juga udah pernah.

Perlu diketahui, sistem yang dipakai adalah sistem gong (kami bilangnya begitu). Penjelasan:
1. Meja di tempeli soal, satu meja lab bisa satu atau dua soal.
2. Mahasiswa langsung menempati nomor-nomor soal tersebut.
3. Tiap selang waktu yang ditentukan, bel dibunyikan, Mahasiswa pindah ke nomor soal berikutnya.
4. Sampai akhirnya semua soal dijawab oleh Mahasiswa.

Ujian kali ini ada 10 soal, dan tiap soal 3 menit! Di soal yang uji nyala tadi, caranya kristal garam dimasukin dikit ke cawan, terus tetesi spiritus, terus bakar. Amati warna nyala, terus ketauan unsur logam apa yang ada di senyawa itu.

Apa yang terjadi di gw?

Pas mo nambahin spiritus ke api yang menyala itu, apinya nyamber ke pipet tetes (yang berisi spiritus). Karena takut tangan gw terbakar, refleks gw buang semua tetesan spiritus di pipet itu, jatuh ke meja lab, kebakar deh..(dilapisi keramik, aman kok). Hampir aja nyamber tisu gulung buat ngelap ama baju gw. Hfffh. nasipp..

Alhasil gw cuman sempet analisis dua dari tiga senyawa.

Besok ujian Fisika Modern sama Pengembangan Program Pengajaran Kimia (P3K). Sebodo ah, yang penting IP gw semester ini aman dan gw bisa bebass dari badai UAS yang melanda ini.

dan gimana kabar temen-temen semua?

Jumat, 15 Januari 2010

Pindahan Lagi

Here we goes.

Setelah gw pindah-pindah, akhirnya gw kembali ke blogger.com. Ya, teman-teman. I'm here with u..

Dan karena gw masih dalam badai UAS, kegiatan blogging gw tetep hiatus dulu. Posting-posting gw tunda dulu, okay.

Yang jelas, maen-maen deh ke sini..

Love you all..