Sabtu, 16 Januari 2010

Di Akhir Badai UAS

Awal tahun identik dengan ujian, santai, jalan-jalan, dan hal menyenangkan lainnya. Tapi ada orang-orang yang kurang beruntung di antara warga dunia yang menikmati kenikmatan awal tahun, yaitu mahasiswa.

Mahasiswa, sesuai jadwal Perguruan Tinggi masing-masing, rata-rata mengalami Ujian Akhir Semester di awal Januari 2010. Gw udah ngalamin ujian, gatau sekarang hari keberapa. Berasa sekarat banget sejak akhir 2009 dibantai ujian. Hal ini terjadi karena banyak dosen yang sibuk dan gak bisa ngajar tepat waktu, akibatnya kuliah kejar tayang dan numpuk di akhir 2009 karena Fakultas mengharuskan nilai keluar akhir Januari.

Keadaan diperparah dengan UTS yang diadakan dekat dengan UAS! Makanya gw dan teman-teman sekelas abis-abisan. Tadi pagi gw ujian Praktikum Kimia Anorganik. Ada satu soal yang mengharuskan menganalisis senyawa kristal garam dengan uji nyala unsur (pake spiritus). Eksperimen ini sebenanrnya sepele, tapi karena sejak SMA juga udah pernah.

Perlu diketahui, sistem yang dipakai adalah sistem gong (kami bilangnya begitu). Penjelasan:
1. Meja di tempeli soal, satu meja lab bisa satu atau dua soal.
2. Mahasiswa langsung menempati nomor-nomor soal tersebut.
3. Tiap selang waktu yang ditentukan, bel dibunyikan, Mahasiswa pindah ke nomor soal berikutnya.
4. Sampai akhirnya semua soal dijawab oleh Mahasiswa.

Ujian kali ini ada 10 soal, dan tiap soal 3 menit! Di soal yang uji nyala tadi, caranya kristal garam dimasukin dikit ke cawan, terus tetesi spiritus, terus bakar. Amati warna nyala, terus ketauan unsur logam apa yang ada di senyawa itu.

Apa yang terjadi di gw?

Pas mo nambahin spiritus ke api yang menyala itu, apinya nyamber ke pipet tetes (yang berisi spiritus). Karena takut tangan gw terbakar, refleks gw buang semua tetesan spiritus di pipet itu, jatuh ke meja lab, kebakar deh..(dilapisi keramik, aman kok). Hampir aja nyamber tisu gulung buat ngelap ama baju gw. Hfffh. nasipp..

Alhasil gw cuman sempet analisis dua dari tiga senyawa.

Besok ujian Fisika Modern sama Pengembangan Program Pengajaran Kimia (P3K). Sebodo ah, yang penting IP gw semester ini aman dan gw bisa bebass dari badai UAS yang melanda ini.

dan gimana kabar temen-temen semua?

6 komentar:

  1. sistem gong itu, rasany pernah kami praktekin waktu SMA, ujian biologi.

    BalasHapus
  2. Iya,bener tuh Mir.
    Pas ujian biologi aku juga gitu.

    BalasHapus
  3. berarti guru kita nyontek gaya dosen-dosen mereka dulu huhahaha..

    BalasHapus
  4. haha, maybe yes maybe no..

    BalasHapus
  5. hahahahha. gong yak namanya? waktu aku SMP juga kayak gitu prosesnya. hehehehe. ujian praktek fisika. #ahem

    BalasHapus
  6. Haha, nanti kalian juga merasakan..
    *eh, IPA ato IPS sih?*

    BalasHapus

Komen donk Friends.. Yang banyak yaah..