Sabtu, 02 April 2011

My Own April Fool

*Perhatian! Postingan kali ini cukup panjang, harap membacanya dengan sabar yaa~*

Bagi sebagian orang, April Fool atau April Mop (istilah indonesia yang berasal dari Belanda, Mop = Jokes) adalah hari untuk mengerjai orang (walaupun aku yakin ada yang ngerjain temen setiap hari seperti aku, hehehehe). Namun kemarin, aku kena April Mop sungguhan. Bukan karena ada yang ngerjain (sepertinya budaya ini kurang populer di sekitarku, syukurlah), tetapi April Mop terjadi dengan alami. Mirip-mirip film Final Destination gitu.

Setting lokasi: Perum Wana Griya Pekanbaru.
Waktu: Pagi hari, jam 7.30 WIB.
Aku siap-siap pergi ngampus, ketiga matakuliah yang kuambil di semester ini waktunya dikumpulkan hari ini, untuk mengejar materi yang belum selesai. Kimia Bahan Galian jam 8.00, Kimia Bahan Alam jam 10.00 dan Teknik Penelitian Murni jam 14.00. Karena semester ini aku jadi mahasiswa istimewa (yang ikut mata kuliah KBA dan KBG cuman 2 orang sedangkan TPM 1 orang) jadi aku terbiasa santai-santai, gak buru-buru seperti semester-semester yang lalu (apalagi kalau mata kuliah sama dosen PA-ku yang legendaris di antara semua mahasiswa dan alumni).

Manasin motor sekedarnya. Emang si Milan ini (motorku kukasi nama “Milan”) sejak minggu kemarin mulai bertingkah. Bukannya dia mulai suka manjat pohon mangga (emang ada motor manjat pohon mangga?), tapi udah mulai gak mau di-electric starter. Kalo di-engkol (kick starter) masih mau, cuman berhubung dia ini matic, agak repot kalo mau di-engkol, mesti di-standardua-kan dulu. Sebelumnya kata mekanik di bengkel: “tegangan listrik aki-nya masih bagus kok bang, mungkin kurang dipanasin”. Sip dah nih aku panasin.

Nyari helm. Lha mana nih helm gua?
Oh iya tadi malam ada yang minjem motor sekalian helm, langsung deh aku samperin ke rumahnya. Yang minjem itu mahasiswa yang lagi pendidikan mekanik alat berat di Pusat Pelatihan salah satu Perusahaan alat berat terkemuka.

“Assalamualaikum..”
Gak ada jawaban.
“Assalamualaikum..”
Masih gak ada jawaban.
Aku ketok pintunya.
Hening.
Aku gedor pintunya.
“Panggil aja bang, ada tuh orangnya di dalam” kata ibu-ibu tetangga sebelah.
“Assalamualaikum..” (sambil gedor pintu)
Krikkrikkrik *lho kok ada suara jangkrik pagi-pagi?*

Nyerah, akhirnya aku pulang. Di lemari boffet teronggok ada helm punya adekku, si Didi. Berhubung helmnya mahal (kalo helmku sih helm hadiah beli motor) aku ga berani pinjem, soalnya hari ini aku sholat jumat di kampus. Takut ada apa-apa aku gak minjem helmnya.
Jadi?
Aku ngampus ga pake helm donk! (WHAT THE HECK??)

Setting lokasi: Jalanan Panam (Jl HR Subrantas)
Waktu: 7.40 – selesai *halah*

*adegan ini jangan ditiru*

Aku pergi ke kampus (jaraknya 6-7 km) naik motor gapake helm. Berhubung aku gak biasa naik motor gapake helm, mataku jadi sipit-sipit ngindarin debu dan asap yang cukup parah. Setengah perjalanan oke-oke aja karena banyak ibu-ibu dan anak sekolah yang santai gak pake helm. Jalanan juga rame karena jam orang pergi kerja + anak-anak pergi sekolah, jadi gak ada yang kebut-kebutan. Pas di simpang Tabek Gadang (persimpangan jalan Subrantas – SM. Amin) ternyata ada polisi lagi ngatur jalan di lampu merah! Kyaaaa!!

Terlintas lagi deh pas nganter Vina ke Mall SKA gak pake helm ganda (cuman aku aja yang pake helm), dikejar polisi dari belakang terus melayang deh goban. Itupun udah nego. *catetan: kalo kena tilang bisa nawar! Jangan mau dikasi harga tinggi, okeh!”
Beruntungnya, Pak Polisi lagi membelakangi aku, jadi aku terobos aja. Wkwkwk. Sempet khawatir kalo ternyata ada temennya ngejar pake motor gede (matic ku pasti kalah cepet, apalagi aku gabisa liat jalan kalo gak pake helm), tapi syukurlah gak ada.

Setting lokasi: Kampus UR Panam, sekitar FKIP
Waktu: 8.10 – 9.00

Nungguin dosen KBG.
Minggu kemarin, udah bikin janji sama Bu Dosen kalo mulai minggu ini jadwalnya yang tiap jumat diganti rabu pagi. Berhubung rabu minggu ini aku ikut ON MIPA-PT di Hotel Pangeran (cerita lengkap mengenai ini aku posting nanti), pas ketemu Bu Dosen hari senin, aku minta diganti sementara hari Jumat pagi aja. Eeh hari rabu pas aku lagi pusing ngerjain soal-soal Olimpiade itu Bu Dosen nelpon bilang kalo kita masuk jam 10. Hyaaa langsung deh aku jelasin lagi kalo aku gabisa. Oke deh, Bu Dosen bilang nanti dikonfirmasi lagi jadi ato engga masuk hari jumat.
Dan ternyata Bu Dosen ada jadwal. Gak ada konfirmasi pula~~
Jadilah aku muter-muter kampus gak jelas. Akhirnya aku nyangkut di warnet.

INTERMEZZO – Penjelasan mengenai koneksi internet.

Setting lokasi: Kamarku yang nyaman (baca: berantakan)
Waktu: Kamis 31 Maret 2011, Sore.
Kemarinnya (hari kamis) aku beli kartu perdana internet Tri, karena paket bulanan Telkomsel Flash punyaku udah abis. Alasan aku pindah ISP karena tarif Flash yang mahal, yaitu 100ribu untuk fair usage 500 MB selama 30 hari. Sedangkan Tri menawarkan 28 ribu untuk paket yang sama! Aku udah tahu kalau Tri belum punya jaringan 3G di sini, tapi EDGE nya udah bagus, nyampe sekitar 100 kbps (ini menurut pengakuan Vina dan Kenny yang tinggal di daerah rawan kehilangan sinyal *siap-siap ditimpuk*). Berarti masih lebih cepat daripada Flash yang walaupun kecepatan fair usage nya nyampe 384 kbps (pernah juga nyampe 400!) Tapi sayangnya 500 MB itu cepet abis, akibatnya aku cuma merasakan yang 64 kbps unlimitednya itu aja.

Aku akhirnya beli perdana internet yang 1 GB, seharga 38 ribu (tersedia juga paket 2 GB seharga 55 ribu dan 5 GB 90 ribu! Gilee murah abiss!). Terus ngaktifin kartunya. Buka simcard hape, masukin kartu Tri, idupin, nunggu loading media (mungkin karena memorinya kebanyakan, hapeku ini kalo abis dimatiin loading medianya lamaaa banget, dan selama loading itu ga bisa ngirim SMS ato buka aplikasi, responnya pun lelet). Karena ga sabar nunggunya, aku pindahin kartu Tri ini ke hape Didi, aktifin, terus beres.

Aku masukin kartu Tri ke modem. Eeeh katanya unknown. Oke dah, disetting dulu. Abis di setting, ternyata sinyalnya sakaratul maut! Ilang timbul gitu. Pas ada sinyal, kecepatannya gak sampe 5 kbps. Banyakan sinyal up daripada down (analogi upload dan download, aku gak tau istilahnya). Kyaaa!

Karena mesti ngirim email hari itu juga, akhirnya aku ngisi paket Flash harian. Which is rugi banget ngaktifinnya sore-sore.

INTERMEZZO Selesai – Kembali ke 1 April.

Selesai dari warnet, aku nyoba lagi koneksi Tri di kampus, bener gak kata mereka, di kampus sinyalnya bagus.
Ternyata bisa, tapi sayang sekali kecepatannya masih tidak memuaskan, sekitar 30-40 kbps. Sebenarnya cukup untuk googling nyari tugas atau sekedar ngetwit lewat echofon, tapi masa harus onlen di kampus terus sih?

Iseng, aku mau onlen dari hape. Ternyata oh ternyata, dia gak mau connect! Kyaaa.. Pas diselidiki ternyata access point-nya berubah jadi 3gprs, sesuai dengan konfigurasi kartu Tri yang aku masukin kemaren. Rupanya settingan ini gak berubah pas kartunya dituker. Anehnya pas aku mau ngubah access point-nya jadi indosatgprs lagi, hapenya mati! Hyaaa.. Gitu terus berulang-ulang. Aku mau ubah, hapenya mati, aku nunggu loading media, aku mau ubah mati lagi..
Satu lagi yang menjengkelkan, Milan beraksi lagi! Sejak aku pergi ke warnet dan seterusnya, dia gak mau di-starter! Sialaann. Bahkan sampai selesai kuliah KBA (jam 10-12), selesai Sholat Jumat dan selesai makan siang.

Setting lokasi: Ruang Dosen
Waktu: 14.00
Aku buru-buru balik dari rumah makan karena takut terlambat. Sesampainya di ruang dosen, Bu Dosen lagi makan (syukurlah belum telat!). Ternyata Bu Dosen bilang beliau ada pengarahan matakuliah Micro Teaching (itu lohh, yang mahasiswa latian ngajar sebelum terjun magang ke sekolah). Mungkin pengarahannya sebentar, tapi beliau gak mau aku nunggu lama, toh gak pasti juga selesai jam berapa (serius, Bu Dosen ini baik sekali! Juara deh. Udah pinter, baik pula sama mahasiswa). Sebenernya aku agak kecewa karena udah bela-belain datang jumat siang, waktu yang paling gak enak buat kuliah. Tapi toh aku senang aja karena tugas yang dikasi belum selesai 100%, dan aku bisa puas donlot film sepulang ini! Hahahaha.

Setting lokasi: Warnet (Jalan Bina Krida, sekitar kampus)
Waktu: Pokoknya sore.
Aku lagi suka sama anime DMC (Detroit Metal City) gara-gara @rudymiwallie yang ngenalin aku sama anime kocak parah ini. Aku belum sempet baca semua manga-nya, tapi gapapalah. Beberapa hari yang lalu aku nemu ternyata DMC ini ada live action movie-nya, diperanin sama Kenichi Matsuyama. Bagi yang gak ngeh Kenichi Matsuyama ini siapa, dia adalah pemeran L di film Trilogi Death Note.



















ini aslinya .

 



 ini pas maen jadi L di Death Note. Keren kan?





 

















 ini pas jadi Johannes Krauser II - Souichi Negishi di Detroit Metal City! Beda banget!


Jadilah sore itu aku donlot filmnya. Apalagi warnetnya lagi sepi, transfer rate donlotannya nyampe 220kbps! Sugoi! Film 700 MB selesai di download sekitar 60-70 menit.
Selagi donlot, aku nemu beberapa twit tentang April Mop, akhirnya aku buka-buka deh seputar April Mop. Aku baru tahu banyak berita asli yang dikira bohongan karena bertepatan dengan April Mop, salah satunya tsunami di Hawaii, banyak makan korban karena warga menganggap peringatan tsunami hanyalah becandaan April Mop!

Pas buka artikel tentang becandaan Google di April Mop, aku penasaran tahun ini apa yang dibikin Google. Sampai akhirnya aku sampai di tweet yang ngomongin Gmail Motion. Penasaran, aku klik linknya. Isinya fantastis, tentang fitur baru Gmail yang bisa dibuka pake gerakan badan (sensor lewat webcam). Pas mau nyoba, ketauan deh kalo ini cuman becandaan April Mop! Sialaaaaan!! (Ehm, emang ga masuk akal sih..)

Kalo ditotal, lengkap deh kejadian April Mop kemaren. Mulai dari Motor, Helm, Hape, Modem, Kuliah, sampai Gmail. Hiks.

*p.s aku ga ngerayain April Fool kok*


Sekalian numpang Promosi!


5 komentar:

  1. aku bingung bacanya, beberapa topik dalam satu posting >,<

    BalasHapus
  2. EEEEEEEEEEEEEH KOK GUE BARU TAU SIIIH ITU YG MAIN DETOROITO METARU CITY ITU ADALAH YG JADI L!! HAAAAA BENER-BENER BEDA!!

    *SORY CAPSLOCK, KAGET BENERANN!!

    BalasHapus
  3. Hhahah..kalo gue April Mop kemarin malah ngerjain temen2 Twitter dan facebook :D
    Banyak yang percaya, hihihii...
    Btw, belum pernah nonton death note :P

    BalasHapus
  4. @Ridu:
    hyaaaa serius baru tau?
    haha santai gan, gw juga baru tau.

    @Zippy:
    hyaa ini nih pelaku utama!
    *laporin polisi*

    belum nonton?
    nonton gih! tapi kerenan yang anime/manga..

    BalasHapus

Komen donk Friends.. Yang banyak yaah..